Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pemahaman Penyakit Tuberkulosis Atau TBC

Pemahaman Penyakit Tuberkulosis Atau TBC

Pemahaman Penyakit Tuberkulosis Atau TBC

Pemahaman Penyakit Tuberkulosis Atau TBC - Tuberkulosis (TB) yang dikenal juga dengan singkatan TBC, yaitu penyakit menyebar paru-paru yang dikarenakan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini disebarkan dari pasien TB aktif yang batuk serta keluarkan titik-titik kecil air liur serta terinhalasi oleh orang sehat yg tidak mempunyai kebal badan pada penyakit ini.

TB termasuk juga dalam 10 besar macam-macam penyakit paru-paru yang mengakibatkan kematian didunia. Data WHO tunjukkan kalau pada th. 2015, Indonesia termasuk juga dalam 6 besar negara dengan masalah baru TB paling banyak.

Gejala serta Type Tuberkulosis 


TB seringkali menyerang paru-paru dengan gejala classic berbentuk batuk, berat tubuh turun, tidak nafsu makan, demam, keringat pada malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, serta lemah. Type batuk dapat juga berdahak yang berjalan sepanjang lebih dari 21 hari.

Waktu badan kita sehat, system kebal badan bisa memberantas basil TB yang masuk ke pada badan. Namun, system kebal badan juga kadang-kadang dapat tidak berhasil membuat perlindungan kita.

Basil TB yang tidak berhasil diberantas seutuhnya dapat berbentuk tidak aktif untuk sekian waktu sebelumnya lalu mengakibatkan beberapa gejala TB. Keadaan ini di kenal jadi tuberkulosis laten. Sesaat basil TB yang telah berkembang, mengakibatkan kerusakan jaringan paru-paru, serta menyebabkan gejala di kenal dengan arti tuberkulosis aktif.

Penyebabnya serta Aspek Resiko Tuberkulosis 


Penyebabnya tuberkulosis yaitu Mycobacterium tuberculosis. Basil itu menebar di udara lewat semprotan titik-titik air liur dari batuk pengidap TB aktif.

Ada beberapa orang yang mempunyai resiko penyebaran TB yang lebih tinggi. Kelompok-kelompok itu mencakup :


  • Orang dengan system kebal badan yang lemah, seperti pengidap HIV/AIDS, diabetes, atau orang yang tengah melakukan kemoterapi. 
  • Orang yang alami malnutrisi atau kekurangan gizi. 
  • Perokok. 
  • Pecandu narkoba. 
  • Orang yang seringkali terkait dengan pengidap TB aktif, umpamanya petugas medis atau keluarga pengidap. 

Sistem Diagnosis Tuberkulosis 


Tuberkulosis termasuk juga penyakit yang susah untuk terdeteksi. Dokter umumnya memakai cara-cara untuk mendiagnosis penyakit ini, diantaranya :

  1. Rontgen dada. 
  2. Tes Mantoux. 
  3. Tes darah. 
  4. Tes dahak.
http://jagaparuparuanda.blogspot.com/2017/08/pemahaman-penyakit-tuberkulosis-atau-tbc.html

Posting Komentar

0 Komentar